SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

Pengantar

Alhamdulillahirobbil alamiin, bersyukur kepada Allah Swt karena dengan rahmat, nikmat dan maunahnya kita diberi kekuatan dan kesempatan untuk melayani jamaah Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember yang kita banggakan ini. Shalawat dan salam semoga tetap dihaturkan kepada junjungan yang mulia Nabi Muhammad Saw., nabi akhir zaman yang akan memimpin para nabi dan para sholihin yang taat dan patuh kepada perintah-perintah Allah Swt.

Jika melihat tahun berdirinya Masjid al-Baitul Amien Jember 1973 hingga kini (red, 2017) maka maka usia masjid agung ini telah mencapai 44 tahun lamanya. Tentu saja telah banyak orang yang melaksanakan sholat berjamaah di masjid ini, begitu banyak yang telah melaksanakan Sholat Dluha, begitu banyak yang melaksanakan Shalat Tahajud, Shalat Tasbih, Shalat Tarawih, Shalat Hajat, Shalat Witir, Shalat Janazah, dan berbagai shalat sunnah lainnya, serta telah begitu banyak orang yang membaca al-Quran di masjid ini mulai didirkan hingga detik ini.

Dan yang tidak kalah pentingnya, masjid ini telah banyak melahirkan peserta didik yang cinta kepada al-Quran, baik dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA (red, walaupun al-Baitul Amien belum memliki pendidikan setingkat MA/SMA/SMK, namun masjid ini kerap dijadikan kegiatan oleh peserta didik setingkat SLTA tersebut, mulai dari SMAN 4, SMAN Arjasa, SMKN 4 Jember dan lain sebagainya) begitu juga dengan kader masjid, yang biasa disebut dengan REMAS atau Remaja Masjid (Masjid al-Baitul Amien Jember) mereka telah banyak yang terjun di masyarakat dan ngerumat masjid di daerahnya masing-masing, begitu besar dan banyak jariyah orang yang telah berinisiatif, membangun, dan menyumbang masjid ini untuk keberlanjutan dakwah islamiyah, semoga amal jariyah mereka semua, baik yang menyumbang, yang menghidupkan kegiatan ibadah dan lain sebagainya diberi balasan pahala yang melimpah oleh Allah Swt, amiin allahumma amiin.

Tentu saja, jariyah tersebut akan mengalir pahalanya kepada mereka yang menyumbang masjid ini, baik mulai dari pendiriannya hingga saat ini kepada mereka yang cinta bershadaqoh dan berjariyah kepada Masjid al-Baitul Amien Jember, sungguh, sumbangsih masyarakat muslim Jember dan sekitarnya cukup besar bagi berlangsungnya kegiatan dakwah islamiyah di Masjid al-Baitul Amien Jember ini. Sehingga sumbangsih tersebut harus tetap dikelola dengan baik, agar masjid ini terus dapat melaksanakan kegiatan pendidikan, khidmat kepada umat, pembinaan rohani umat dan lain sebagaianya, dengan demikian, al-Baitul Amien menjadi sejalan dengan kemewahan bangunannya dalam melakukan pelayanan kepada umat muslim di Jember.

Akhir-akhir ini, ada segolongan umat Islam yang menjadikan masjid sebagai kegiatan ibadah mahdlah dengan menegakkan sholat jamaah secara terus menerus, tentu saja hal itu merupakan kegiatan yang sangat positif untuk keberlangsungan pembinaan kualitas akhlak dan kesehatan lahir dan batin umat Islam. Yang perlu ditegaskan, masjid harus dijauhkan dari kegiatan politik praktis, karena jika masjid terlibat dalam kegiatan politik praktis, maka semakin akan memecah belah umat Islam. Karena pada prinsipnya, apapun pilihan politiknya, apapun partai politiknya, apapun ormasnya, apapun latar belakang pendidikan dan lain sebagainya, masjid adalah tempat yang secara nyata dapat mempertemukan umat muslim dalam melakukan peribadatan kepada Allah Swt.

Dengan berjamaah di masjid, maka latar belakang yang berbeda tersebut dapat dipertemukan di dalam masjid, karena mereka akan rukuk, sujud, dan berdoa kepada Allah secara bersamaan tanpa melihat latar belakang. Yang berjenggot, yang tidak berjenggot, yang bersarung, yang berjubah, yang tua, yang muda, yang remaja, semuanya sama, jika meraka ke masjid maka mereka akan menuju kepada Allah Swt.

Semoga dengan terbitnya buku ini, semakin memperkuat bangunan silaturrahim ummat Islam untuk menghidupkan dan memakmurkan masjid dalam rangka melakukan dan membuktikan sikap kepasrahan dan ketundukan kepada Allah Swt, amiin.