SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
WAKTU :

KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KETUA REMAJA MASJID AL-BAITUL AMIEN JEMBER

Terbit 18 February 2021 | Oleh : admin | Kategori : Berita

13 Februari 2021 merupakan momentum yang ditunggu-tunggu oleh segenap angggota Remaja Masjid Al-Baitul Amien Jember. Pasalnya pada hari tersebut, Remaja Masjid Al-Baitul Amien Jember mengadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang terbilang berjalan dengan lancar dan sukses. Dimana kesuksesan dan kelancaran kegiatan tersebut sepenuhnya terbantu oleh kepanitian yang telah menyediakan waktu, tenaga dan pikirannya dengan sepenuh hati serta ikhlas lillahi ta’ala untuk kemakmuran masjid. Komisi Pemilihan Umum (KPU) sendiri merupakan suatu bentuk kegiatan reformasi dari kepengurusan periode sebelumnya ke kepengurusan periode selanjutnya demi untuk tetap terus melanjutkan kiprah perjuangan Remaja Masjid Al-Baitul Amien Jember dalam memakmurkan masjid. Selain itu juga, KPU sebagai titik awal untuk kepengurusan baru dalam menjaga eksistensi masjid agar pemuda-pemudi milenial masa kini dapat menjadi generasi pembangun negeri yang bukan hanya memiliki wawasan berbasis ilmu duniawi saja akan tetapi juga diimbangi dengan wawasan berbasis islam.

Kegiatan KPU Remaja Masjid Al-Baitul Amien Jember ini dimulai sejak pukul 08.00 WIB yang dibuka dengan pembacaan basmallah bersama-sama, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars BKPRMI dan pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dari ketua panitia pelaksana akhi Sucipto Adi Kurniawan mengenai kegiatan KPU dan sambutan selanjutnya disampaikan oleh pembina Remaja Masjid Al-Baitul Amien Jember Bapak Hizbullah Muhib mengenai reformasi dan penerus perjuangan remaja masjid dimana remaja masjid sebagai tonggak dalam pengembangan dan penjaga kemakmuran masjid. Setelah pembukaan dan penyampaian sambutan-sambutan, sekitar pukul 09.00 WIB dilakukan penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban dari pengurus periode 2017-2020 dimulai dengan penyampaian dari pertanggung jawaban Ketua dan Wakil Ketua Remaja Masjid Al-Baitul Amien Jember. Lalu, dilanjutkan penyampaian pertanggung jawaban akan tugas dan program kerja yang telah terlaksana maupun tidak terlaksana dari sekretaris serta bendahara juga masing-masing kepala bidang baik dari bidang dakwah, kaderisasi, bakat dan minat, dan kemuslimahan. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab akan pertanggung jawaban Badan Pengurus Harian (BPH) dan Kepala Bidang Remaja Masjid Al-Baitul Amien Jember dimulai dari periode 2017 sampai 2020. Setelah itu, tepatnya pukul 11.15 WIB acara dihentikan sementara untuk kegiatan ISHOMA agar dapat memberikan kesempatan bagi para tamu undangan dan peserta kegiatan KPU untuk menunaikan sholat dan beristirahat.

Kemudian pukul 12.10 WIB berlanjut dengan dimulainya pembuka dari kegiatan inti dan merupakan acara utama yang telah ditunggu-tunggu oleh tamu undangan serta peserta KPU pada saat itu yaitu pengenalan kandidat-kandidat terpilih dengan diikuti adanya penyampian visi dan misinya. Dari penyampaian visi dan misi setiap kandidat ini, acara dapat dikatakan berjalan dengan saat seru dan terbilang penuh saling berkompetisi dikarenakan setiap kandidat berusaha menjabarkan setiap poin dari visi dan misi yang dibuat untuk memenangkan hati para tamu undangan dan peserta KPU agar dapat memenangkan hak suara yang diperoleh. Bahkan, dari setiap kandidiat juga berusaha keras dan maksismal dalam memenangkan hati setiap tamu undangan dan peserta KPU dengan menggunakan jargon-jargon ataupun yel-yel yang menarik. Selain itu, dengan adanya yel-yel ataupun jargon-jargon yang khas dari setiap kandidat justru juga menambah keseruan acara tersebut dan mencairkan suasana sekitar sehingga tidak terkesan membosankan dan menegangkan dikarenakan rasa kompetitif yang ada.

Tepat pukul 13.00 WIB diadakan sesi tanya jawab dimana baik peserta KPU dan tamu undangan diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada para kandidat terpilih sehingga dapat menilai kredibilitas, royalitas dan pemahaman akan organisasi serta permasalahannya. Sesi tanya jawab dapat dikatakan berjalan dengan saat seru dan ketat dikarenakan baik dari segi pertanyaan yang diajukan oleh peserta dan tamu undangan sangatlah berbobot dan mendalam. Sehingga hal tersebut juga membuat setiap kandidat tergugah untuk menganalisis dan memberikan jawaban yang sesuai, cocok dan berbobot demi mampu menjawab pertanyaan tersebut. Dikarenkan hal tersebut, justru menimbulkan penilaian yang ketat di mata para peserta KPU dan tamu undangan untuk mampu menetapkan pilihannya.

Pukul 13.30 WIB dilakukan adanya pembacaan tata tertib Pemilihan Umum (Pemilu) Ketua Remaja Masjid Al-Baitul Amien kepada peserta KPU dan tamu undangan yang hadir. Kemudian dilanjutkan dengan inti dari kegiatan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Remaja Masjid Al-Baitul Amien Jember yang sudah dinanti-nanti dan merupakan salah satu momen terpenting dari acara ini yaitu Pencoblosan Surat Suara baik dari peserta KPU, tamu undangan dan para kandidat sekalipun yang dilaksanakan tepat pukul 13.45 WIB. Pada saat tersebut acara dapat dikatakan berjalan dengan lancar dan khidmat baik dari peserta dan tamu undangan menjalani proses tersebut sesuai dengan arahan panitia dan tata tertib yang telah dibacakan. Namun, terdapat sedikit ketegangan yang tampak dari raut wajah para kandidat yang tidak sabar untuk menunggu hasil dari perhitungan surat suara nanti.

Setelah proses pencoblosan dilakukan dan semua peserta KPU dan tamu undangan telah mencoblos, pukul 14.00 WIB dimulailah perhitungan suara cepat atau Quick Count proses tersebut berjalan dengan sangat lancara dan khidmat semua pihak sudah tidak sabar untuk mengetahui hasil penghitungan surat suara tersebut.  Dalam proses ini transparansi penghitungan surat suara dilakukan dengan menggunakan Excel yang ditampilkan menggunakan layar proyektor sehingga semua pihak dapat melihat secara langsung penghitungan suara sekaligus sebagai saksi nanti diakhir penghitungan suara. Hingga akhirnya setelah proses penghitungan surat suara selesai, didapatkan hasil penghitungan surat suara dimana dalam pemilihan ketua umum Remaja Masjid Al-Baitul Amien Jember sekaligus penerus perjuangan untuk terus menjaga eksistensi dan kemakmuran masjid dimenangkan oleh kandidat nomor urutr 1 atas nama Akhi Mohammad Fahrurrozi. Ucapan selamat banyak dilontarkan kepada beliau atas kemenangannya dan harapan untuk mampu meneruskan perjuangan remaja masjid. Setelah itu, dilanjukan untuk prosesi pemberian suapan kue sebagai apresiai dan penyerahan bendera kebanggaan yaitu bendera Remaja Masjid Al-Baitul Amien dari ketua terdahulu ke calon ketua yang baru. Ucapan selamat juga dilontarkan kepada ketua terdahulu atas dimulai berprosesnya di lembaga BKPRMI DPD Jember. Kemudian dilanjutkan penutup, dengan dilakukan pembacaan doa dan ditutup oleh MC acara.

Oleh: Ahmad Abdul Halim
Universitas Negeri Jember
Aktivis Remaja Masjid Al Baitul Amien Jember

SebelumnyaBISAKAH KABUPATEN JEMBER BERHASIL MENANGGULANGI BANJIR?

Berita Lainnya

0 Komentar